April 20, 2021 By kelabjutawan.org 0

Amankah Membeli Kaos Katun?

Kapas, tidak diragukan lagi, adalah salah satu bahan pakaian yang paling terkenal, dicari dan digunakan tinggi dan rendah. Sudah tersebar luas dan orang biasanya membeli kaos katun polos, misalnya kualitasnya, karena bahannya tidak biasa menyebabkan iritasi atau alergi, memungkinkan kulit untuk ‘bernafas’ dan merupakan bahan cuci-pakai. Baik itu seluruhnya katun atau dicampur dengan poliester, biasanya harganya terjangkau. Tapi tahukah Anda bagaimana konveksi baju kaos katun diproduksi? Dan yang terpenting, tahukah Anda bahwa cara pembuatannya bisa berbahaya bagi lingkungan?

Pestisida banyak digunakan di ladang kapas, untuk melindunginya dari hama. Adalah normal bagi perusahaan untuk ingin menjaga produksi kapas mereka dari serangga. Untuk itu, mereka menggunakan pestisida secara intensif. Sementara itu bekerja untuk kapas, karena hama dibasmi, bagaimanapun, pestisida berbahaya bagi lingkungan, memiliki efek yang merusak. Tidak hanya habitat yang dihancurkan, tetapi juga manusia yang terpengaruh.

Misalnya, ditemukan bahwa burung puyuh, burung yang biasanya bersarang di sekitar ladang kapas, karena mereka lebih menyukai tumbuhan tinggi, adalah yang pertama terpengaruh. 60% burung puyuh yang tinggal di dekat ladang kapas ditemukan mengandung pestisida di dalamnya. Menurut sebuah penelitian, akibat metil parathion, semprotan yang digunakan sebagai pestisida di ladang kapas, burung puyuh bisa sakit bahkan mati. Dilakukan pada tahun 1978, penelitian tersebut juga mengamati bahwa burung puyuh sering meninggalkan sarangnya atau tidak memperhatikan anaknya. Habitat alami mereka rusak di era ketika hewan semakin sedikit tumbuh setiap hari.

Baca Juga: Cara Mendirikan Kebun Herbal Luar Ruang

Tidak hanya habitat hewan yang terpengaruh. Ternyata, orang juga bisa sakit. Ada kasus yang dilaporkan tentang petani yang jatuh sakit atau meninggal karena penggunaan pestisida secara intensif. Kasus seperti itu terjadi di Benin, sebuah negara di bagian barat Afrika, pada tahun 1999. 24 orang yang bekerja di ladang kapas, meninggal karena terpapar pestisida yang umum di sana, yang disebut Endosulfan. Harga tinggi untuk membayar beberapa kaos katun polos, bukan?

Namun, untungnya, ada cara untuk mencegah efek merusak atau negatif ini. Cara tersebut adalah mengurangi penggunaan pestisida, dengan beralih ke produksi yang utamanya menggunakan cara-cara organik. Jadi, kapas organik yang dihasilkan tentunya lebih baik daripada kapas yang menggunakan pestisida.

Untuk kapas organik, produsen ini menggunakan cara yang lebih alami untuk menghentikan serangga, seperti meletakkan kepik di ladang kapas. Cara perlindungan hama ini tidak hanya baik untuk lingkungan, karena tidak mempengaruhi atau merusaknya, tetapi juga aman bagi orang yang bekerja di ladang kapas. Perusahaan seperti ini, yang memproduksi kapas organik, dapat ditemukan di Australia.

Kaos katun organik mereka membuat perubahan dan membantu pelestarian lingkungan yang tidak terlalu tercemar. Jadi pada saat Anda mempertimbangkan untuk membeli dan jual kaos polos atau kaos apa pun yang terbuat dari katun, ingatlah informasi tentang kapas organik ini. Keputusan Anda dapat memengaruhi kesehatan orang lain di planet ini.