March 17, 2021 By kelabjutawan.org 0

Terlambat Berbicara Pada Anak

How Speech Therapy Can Help Your Child

Apa itu keterlambatan bahasa?

Penundaan bahasa adalah ketika seorang anak mengalami kesulitan memahami dan / atau menggunakan bahasa lisan. Kesulitan ini tidak biasa untuk usia anak.

Kesulitannya mungkin dengan:

  • mengucapkan kata-kata pertama atau kata-kata pembelajaran
  • menyusun kata-kata untuk membuat kalimat
  • membangun kosakata
  • memahami kata atau kalimat.

Beberapa keterlambatan bahasa dikaitkan dengan kondisi seperti  gangguan spektrum autisme (ASD) ,  sindrom Down atau tuli dan gangguan pendengaran . Banyak yang terjadi dengan sendirinya.

Keterlambatan bahasa, gangguan bicara atau gangguan perkembangan bahasa?

Penundaan bahasa berbeda dengan gangguan bicara atau gangguan perkembangan bahasa.

Sebuah  pidato (suara) gangguan adalah ketika anak mengalami kesulitan mengucapkan suara dalam kata-kata. Ini bisa membuat ucapan mereka sulit dimengerti. Anak-anak dengan gangguan bicara mungkin memiliki kemampuan bahasa yang bagus. Artinya, mereka memahami kata dan kalimat dengan baik dan dapat membentuk kalimat dengan benar.

Jika seorang anak mengalami keterlambatan bahasa yang tidak kunjung hilang, itu mungkin pertanda  gangguan perkembangan bahasa . Anak-anak dengan gangguan perkembangan bahasa mengalami kesulitan memahami dan / atau berbicara. Kesulitan ini mempengaruhi kehidupan sehari-hari mereka.

Anak-anak dengan gangguan bicara belum tentu mengalami keterlambatan bahasa atau gangguan perkembangan bahasa. Dan tidak semua anak yang mengalami keterlambatan bahasa mengalami masalah dalam berbicara.

Anak-anak yang dibesarkan dalam keluarga dwibahasa mungkin mulai mempelajari bahasa mereka lebih lambat daripada anak-anak yang hanya berbicara satu bahasa. Ini tidak dianggap sebagai penundaan bahasa. Anak-anak usia sekolah bilingual dapat belajar membaca dan menulis bahasa Inggris sama seperti teman-teman mereka.

Kapan mendapatkan bantuan untuk keterlambatan bahasa

Anak-anak mengembangkan bahasa dengan kecepatan berbeda. Jadi membandingkan anak Anda dengan anak lain pada usia yang sama mungkin tidak membantu Anda untuk mengetahui apakah anak Anda mengalami keterlambatan bahasa.

Sebaiknya  mencari nasihat profesional jika Anda melihat salah satu dari tanda-tanda berikut pada anak Anda pada usia yang berbeda.

Pada usia 12 bulan
Anak Anda tidak mencoba berkomunikasi dengan Anda menggunakan suara, gerak tubuh dan / atau kata-kata, terutama saat membutuhkan bantuan atau menginginkan sesuatu.

Pada usia 2 tahun
anak Anda:

  • tidak mengatakan sekitar 50 kata yang berbeda
  • tidak menggabungkan dua kata atau lebih secara bersamaan – misalnya, ‘Lebih banyak minuman’, ‘Mum up’
  • tidak menghasilkan kata-kata secara spontan – yaitu, anak Anda hanya menyalin kata atau frasa dari orang lain
  • tampaknya tidak memahami instruksi atau pertanyaan sederhana – misalnya, ‘Ambil sepatu’, ‘Mau minum?’ atau ‘Di mana Ayah?’

Pada usia dua tahun, sekitar satu dari lima anak menunjukkan tanda-tanda mengalami keterlambatan bahasa. Anak-anak ini kadang-kadang disebut ‘orang yang terlambat bicara’. Banyak dari mereka akan menyusul seiring bertambahnya usia. Tetapi beberapa akan terus mengalami masalah dengan bahasa. Anda perlu memberikan asupan seperti Generos Nutrisi Otak Anak yang baik untuk tumbuh kembang anak termasuk solusi Anak yang terlambat berbicara.

Pada usia sekitar 3 tahun
Anak Anda:

  • tidak menggabungkan kata-kata menjadi frasa atau kalimat yang lebih panjang – misalnya, ‘Bantu saya Mumi’ atau ‘Ingin lebih banyak minuman’
  • tampaknya tidak memahami instruksi atau pertanyaan yang lebih panjang – misalnya, ‘Ambil sepatu Anda dan taruh di dalam kotak’ atau ‘Apa yang ingin Anda makan untuk makan siang hari ini?’
  • sedikit atau tidak tertarik pada buku
  • tidak mengajukan pertanyaan.

Dari 4-5 tahun ke atas
Beberapa anak masih mengalami kesulitan dengan bahasa pada saat mereka mulai memasuki prasekolah atau sekolah. Jika kesulitan ini tidak dapat dijelaskan oleh hal-hal lain seperti gangguan spektrum autisme (ASD) atau gangguan pendengaran, itu mungkin gangguan perkembangan bahasa.

Anak-anak dengan gangguan perkembangan bahasa :

  • berjuang untuk mempelajari kata-kata baru dan melakukan percakapan
  • gunakan kalimat pendek dan sederhana, dan sering kali meninggalkan kata-kata penting dalam kalimat
  • menanggapi hanya sebagian dari instruksi
  • berjuang untuk menggunakan bentuk lampau, sekarang atau masa depan dengan cara yang benar – misalnya, mereka mengatakan ‘lewati’ daripada ‘dilewati’ ketika berbicara tentang aktivitas yang telah mereka lakukan
  • merasa sulit untuk menggunakan kata-kata yang tepat saat berbicara dan mungkin menggunakan kata-kata umum seperti ‘barang’ atau ‘barang’
  • mungkin tidak mengerti arti kata, kalimat atau cerita.

Pada usia berapa pun
anak Anda:

  • telah didiagnosis dengan gangguan pendengaran, keterlambatan perkembangan atau sindrom di mana bahasa mungkin terpengaruh – misalnya, sindrom ASD dan Down, atau sindrom lain seperti  Fragile X
  • berhenti melakukan hal-hal yang biasa dia lakukan – misalnya, dia berhenti berbicara.

Anak-anak yang mengalami kesulitan bahasa membutuhkan bantuan sedini mungkin. Anda adalah penilai terbaik untuk perkembangan bahasa anak Anda. Jika Anda khawatir, percayalah pada naluri Anda dan bicarakan dengan dokter umum, perawat kesehatan anak dan keluarga, guru anak Anda, atau ahli patologi wicara. Jika profesional ini tidak mengkhawatirkan anak Anda, tetapi Anda masih khawatir, carilah pendapat lain.

Di mana mendapatkan bantuan untuk keterlambatan bahasa

Jika Anda merasa anak Anda mengalami kesulitan dengan bahasa, bicarakan dengan profesional – misalnya:

  • guru atau pendidik di pusat penitipan anak, prasekolah atau sekolah Anda
  • sebuah  patologi wicara
  • seorang  audiolog
  • a  GP atau  dokter anak
  • seorang  perawat kesehatan anak dan keluarga
  • seorang  psikolog .

Jika menurut Anda masalah utama anak Anda adalah memahami dan menggunakan bahasa , Anda mungkin ingin mengunjungi ahli patologi wicara. Ahli patologi wicara dapat menggunakan tes bahasa untuk menilai bagaimana anak Anda menggunakan kata-kata dan menanggapi permintaan, perintah, atau pertanyaan.

Jika menurut Anda anak Anda mungkin mengalami gangguan pendengaran atau memiliki gangguan pendengaran, sebaiknya periksakan pendengaran anak Anda ke audiolog. Kehilangan pendengaran dapat mengganggu perkembangan bahasa dan komunikasi anak Anda.

Dukungan untuk anak-anak dengan keterlambatan bahasa

Jika anak Anda didiagnosis dengan keterlambatan bahasa, ahli kesehatan tempat Anda bekerja mungkin merekomendasikan program kelompok yang membangun keterampilan bahasa . Profesional juga dapat membantu anak Anda mengembangkan cara lain untuk berkomunikasi, seperti menggunakan papan gambar atau buku.

Profesional mungkin memberi Anda strategi yang dapat Anda gunakan di rumah untuk membantu anak Anda berkomunikasi. Ini mungkin termasuk memberi anak Anda banyak waktu untuk memulai percakapan. Anda juga dapat membantu anak Anda dengan menanggapi dan memperluas upayanya untuk berkomunikasi, baik dengan kata-kata, tindakan, atau suara.

Penyebab keterlambatan bahasa

Kami tidak tahu apa yang menyebabkan keterlambatan bahasa dalam banyak kasus. Tapi kita tahu kemungkinan ada komponen genetik atau biologis . Artinya, keterlambatan bahasa mungkin terjadi dalam keluarga.

Penundaan bahasa lebih mungkin terjadi untuk:

  • anak laki-laki
  • anak-anak yang memiliki anggota keluarga dekat dengan riwayat keterlambatan bahasa atau gangguan komunikasi
  • anak-anak yang memiliki gangguan perkembangan atau sindrom seperti gangguan spektrum autisme (ASD) atau sindrom Down
  • anak-anak dengan masalah pendengaran dan infeksi telinga yang sedang berlangsung.

Terkadang, keterlambatan dalam keterampilan komunikasi bisa menjadi tanda dari gangguan perkembangan yang lebih serius termasuk gangguan pendengaran,  keterlambatan perkembangan ,  disabilitas intelektual dan ASD. Anda mengenal anak Anda lebih baik dari orang lain. Jika Anda khawatir, bicarakan dengan dokter umum atau ahli kesehatan Anda.